NEWS UPDATE :  

Berita

KUNJUNGAN GUBERNUR PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG DALAM RANGKA MEREALISASIKAN PEMBANGUNAN TEMPAT PRAKTIK SMK NEGERI 1 SUNGAI SELAN




Lampur - Sungai Selan, 28 September 2020. Bertepatnya di SMK Negeri 1 Sungai Selan, Gubernur Provinsi KepulauanBangka Belitung melakukan kunjungan dalam rangka peninjauan langsung pembangunan tempat praktik SMK Negeri 1 Sungai Selan. Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bertujuan dating ke sekolah ini untuk melihat fasilitas yang diberikan dalam usaha peningkatan mutu pendidikan, dengan harapan siswa lebih banyak melakukan praktik dan menguasai teknik-teknik dalam praktik tersebut sesuai dengan jurusannya masing-masing.

 

Harapan Gubernur Provinsi Bangka Belitung semua siswa setelah lulus dari sini, mereka sudah siap terjun ke dunia kerja yang nyata, di samping itu mereka juga dapat  membuka lapangan pekerjaan dan bias mempekerjakan orang lain.


Dalam kunjungan ini, Bapak Gubernur juga menjelaskan kepada siswa-siswi tentang dunia kerja pada jurusan yang saat ini mereka tempuh biar ke depannya mereka sudah siap menuju di Dunia Industri(DUDI) yang akan di jalankannya nanti. Selain itu, Beliau juga memantau kegiatan pembelajaran di kelas terutama pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung khususnya pada mata pelajaran kejuruan.

Hasil pembicaraan Bapak Gubernur dengan semua kepala program kejuruan SMK Negeri 1 Sungai Selanya itu pada jurusan Tata Busana diusahakan untuk menjalin kerjasama dengan BLUD (Badan Layanan Umum  Daerah) agar mampu mengakomodasikan seragam sekolah dari tingkat SD, SLTP, dan SMK/sederajat yang akan dikerjakan oleh Alumni - alumni dari siswa SMK Negeri 1 Sungai Selan tersebut. Dan mereka juga harus mampu untuk mencapai target produk sipenjualan dengan harga yang bersaing, kualitas bagus, dan proses pengerjaannya cepat. Produk siini dimulai dari tingkatan sekolah se kecamatan sungaiselan terlebih dahulu. Dan untuk jurusan Tata Boga siswa diharuskan mampu untuk menguasai berbagai jenis kuliner, baik itu kuliner nusantara, tradisional dan mancanegara yang nanti akan digeluti di dunia kerja misalnya kerja di hotel, restaurant, dan berwirausaha membuka usaha sendiri (catering). Dengan ini siswa benar benar sudah siap dengan dunia kerja yang akan mereka tempuhi nanti.

 

Sedangkan untuk jurusan TPTU (Teknik Pendingin dan Tata Udara), Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menginginkan target bagi jurusan TPTU yaitu mereka mampu bekerja di dunia industry atau pun dibidang sejenisnya. Alumni - alumni yang sudah siap akan dipekerjakan, akan diberikan kesempatan untuk ditempatkan di Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dalam hal ini Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga meninjau peralatan praktek siswa TPTU di bengkel LAB. Beliau juga melihat perkembangan siswa sudah sampai dimana skill siswa dalam bidang kejuruan yang ditempuhnya saat ini. Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengungkapkan ”Jurusan TPTU (Teknik Pendingin dan Tata Udara) ini adalah satu - satunya yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini, sehingga peluang kerja / usaha bagi alumni sangat terbuka lebar untuk di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini. Dengan ini harapan saya untuk semua siswa - siswa yang sudah lulus dari sini nantinya sudah mulai berkembang atau bergelut di dunia kerja / dunia industri yang nyata, terutama jurusan TPTU besar peluangnya di DUDI” Ujar Bapak Dr. H. Erzaldi Rosman Djohan, S.E., M. M.